Kamis, 24 November 2011

pernikahan ibas & aliya

MUSTAFA RAMLI Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas (tengah) didampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kiri), dan Ibu Ani Susilo Bambang Yudhoyono (kanan) dalam acara pengajian di kediaman pribadi Presiden, Cikeas, Bogor, Jawa barat, Selasa (22/11/2011). Acara pengajian yang kemudian akan dilanjutkan dengan acara siraman ini adalah bagian dari rangkaian acara pernikahan Ibas dan Siti Ruby Aliya Rajasa (Aliya). Akad nikah akan berlangsung pada 24 November 2011 di Istana Cipanas, dan resepsi akan dilangsungkan pada tanggal 26 November 2011 di Jakarta Convention Center.
Rangkaian upacara pernikahan Edhie Baskoro Yudhoyono (putra Presiden Susilo Bambang Yudhoyono) dengan Siti Rubi Aliya Rajasa (putri Hatta Rajasa) akan berlangsung dalam dua dimensi, agama dan adat.
"Kami akan mengikuti semua rangkaian dari dua dimensi, agama yaitu proses akad nikah dengan syariat Islam dan adat, ini paduan adat Jawa dan Palembang," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat membuka rangkaian acara siraman Ibas di kediamannya, di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Selasa (22/11/2011).
Presiden mengatakan, dalam acara siraman di Cikeas dan kediaman Hatta Rajasa di Fatmawati menggunakan adat Jawa dan kemudian pada hari yang sama dilanjutkan dengan Midodareni di kediaman Hatta Rajasa pada Selasa Malam.
Ia menambahkan, saat akad nikah di Istana Cipanas akan menggunakan adat Palembang, Sumatera Selatan. Akah nikah akan dilangsungkan pada Kamis (24/11/2011) pukul 10.00 WIB. Sementara resepsi pernikahan yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada Sabtu (26/11/2011) akan menggunakan adat Jawa. Resepsi direncanakan berlangsung pada pukul 19.00 WIB.
"Selalu kalau ada perhelatan dan kalau ada undangan para tamu berasal dari negara sahabat, selain acara yang khusuk menurut agama, maupun acara adatnya selalu menjadi perhatian para tamu undangan. Insya allah kami melakukan semua rangkaian setertib dan sekhidmat mungkin," kata Presiden.
Dalam kesempatan itu, Presiden meminta restu kepada para undangan untuk mendoakan Ibas dan Aliya dalam membangun rumah tangga baru.   
Kegiatan pengajian di rumah kediaman Presiden Yudhoyono berlangsung mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.  Pada pukul 14.30 WIB dilanjutkan dengan pemasangan bleketepe di Gapura pintu rumah kediaman Presiden Yudhoyono. Usai memasang bleketepe kemudian pada pukul 15.00 WIB dilakukan siraman.
Dalam siraman, secara bergiliran, calon pengantin pria akan dibasuh secara bergantian oleh orang tuanya, pinisepuh dan sanak saudara yang dituakan.  Yang memberikan siraman bagi Ibas secara bergiliran yaitu Presiden Yudhoyono, Ani Yudhoyono, Ibu Ageng Sarwo Edhie Wibowo, Ibu Wiwiek, Erwin Sudjono, Titiek Erwin Sudjono, Tuti Hadi Utomo.
Usai siraman dilakukan potong rambut calon mempelai pria oleh Presiden Yudhoyono dan Ani Yudhoyono. Rambut calon pengantin pria akan disatukan dengan potongan rambut calon pengantin wanita. Kemudian dilanjutkan dengan acara adat potong tumpeng, dodol dawet, dulang pungkasan, dan melepas ayam jantan.
Pada pukul 19.00 WIB dilakukan acara midodareni, rombongan calon pengantin pria akan menuju kediaman calon pengantin wanita di kawasan Fatmawati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar